Minggu, 20 November 2016

4 Kesalahan Dalam Bisnis Online

Pelatihan Internet Marketing di PekanbaruMengapa kata Kosongkan Gelasmu, selalu menjadi kata pembuka, ketika ada dalam setiap acara ataupun pelatihan.... 
Jawabannya adalah anda yang tau...
Tapi yang pasti dalam setiap perjalanan hidup saya, selalu belajar dari siapapun,...
Apalagi, akhir2 ini, Pekanbaru banyak sekali Event yang membawa topik Digital Marketing, saya senang berguru dengan para Pembicara yang hadir untuk mendapatkan ilmu2 baru.

Setelah kemarin ikut di FB Ads yang ditaja oleh Komunitas Riau Ecommerce, Rabu besok akan ada training di Hotel Grand Central untuk membuat website dari Kominfo > 1juta domain.
Lanjut lagi dengan Seminar Internet Marketing Banjir Order dari guru Agus Setiyawan dimana ini menjadi kesempatan langka, kalau di daerah lain seperti Bandung mungkin sudah ada lebih dari 20kali, kalau Pekanbaru masih jarang, karena itu harus mempersiapkan waktu lagi untuk belajar...., jangan2 dari Jambi mau ikutan ini Tori Bisa Sukses Mulia, wkwkwk.
Oh sebelumnya juga sudah ada acara dari Telkomsel dan Dinas terkait, masih berbicara tentang Digital Marketing juga, kenapa? Karena sekarang yang menjadi lahan basah itu memang adanya di Internet. Jadi Kalau anda sedang mencari lahan basah, maka sekarang ada di Internet. Itulah yang akan kita pelajari kalau misalnya anda tertarik ikut atau Kursus Internet Marketing Pekanbaru saat ini.

Memulai sebuah bisnis online dimulai dengan mengisi kebutuhan dan membangun kredibilitas, tetapi faktor-faktor yang akan membuat bisnis online kamu sukses tidak berhenti di sana. Meskipun hambatan untuk mendirikan sebuah bisnis online sangatlah sedikit, sebagian besar orang gagal menjalankan bahkan memulainya karena meremehkan hal-hal kecil yang tentunya tidak patut disepelekan. Namun, ketahuilah bahwa kegagalan itu biasa dalam dunia bisnis, terlebih bisnis online. Di sini, kamu dapat jatuh namun dapat bangkit dengan lebih cepat dan mudah ketimbang jika kamu menjalankan bisnis konvensional.
Untuk meningkatkan kemungkinan kamu sukses di dunia bisnis online, cobalah untuk menghindari 4 kesalahan umum ini ketika memulai bisnis online.

1.Kesalahan Karena Tidak Direncanakan


Perencanaan strategi Internet Markering  idealnya mengacu pada siapa sebenarnya sasaran pemasaran, seperti : jenis kelamin; berapa usianya; dimana mereka tinggal; apa pekerjaannya; apa pendidikan terkahirnya; berapa pendapatannya dan apa saja latar belakang pelanggan membeli sebuah produk. Tidak hanya Persoalan siapa sasaran pemasaran, tujuan pemasaran, siapa pelaksana dan KPI-nya juga harus ditentukan. Agar pelaksanaan program pemasaran online berjalan dan terukur.

Internet marketing bukan sekedar website, menulis artikel dan memuatnya di sosial media Internet Marketing bekerja dengan segudang perlengkapan dan cukup membutuhkan dukungan biaya. Contoh ; jika anda ingin meningkatkan jumlah respon kunjungan terhadap website perusahaan, bisnis atau toko online, maka strateginya harus menggunakan PPC atau Iklan Social Media. Internet Marketing sama halnya dengan kegiatan kegitan pemasaran konvensional, dimana seluruh kegiatannya harus direncanakan dan dianggarkan. Punya brosur, kartu nama, transportasi kesana kemari dan lain sebagainya. Mantan presiden RI BJ Habibie pernah mengatakan “Gagal berencana, berarti berencana untuk gagal”.



2.Kesalahan Karena Tidak Realistis Dan Mengharapkan Hasil Instan
     
2012 lalu tidak dapat diduga Chelsea akan menjadi juara Liga Champions. Diatas kertas Barcelona memiliki strategi, komponen dan teknik yang lebih. Tapi mengapa Chelsea menang ? karena chelsea belajar dari setiap kekalahan di pertandingan, memperbaiki kesalahan dan membenahi setiap materi pemainnya. Demikian juga dengan Internet marketing dimana strategi terkadang gagal, dan perlu dievaluasi untuk mendapatkan hasil maksimal. Jika ada agensi atau konsultan menjanjikan hasil instan, maka berhati hatilah. Untuk lebih jelasnya mari kita tarik satu contoh sederhana ; Perusahaan A menganggarkan biaya PPC 50 juta/90 hari, untuk meningkatkan jumlah trafik website. Maka dalam 90 hari anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai peningkatan trafik ke website. Jadi jangan mengukur hasil dibawah 90 hari, sebab hasilnya tidak akan kelihatan.

Selanjutnya, anggaran tersebut diatas dialokasikan untuk meningkatkan trafik, bukan meningkatkan konversi. Jadi jangan berharap ada transksi signifikan dalam 90 hari. Sebab meningkatkan jumlah trafik ke website tujuannya adalah mengedukasi pelanggan tentang bisnis, produk dan jasa, bukan mendorong pengunjung untuk berbelanja/bertranskasi.

3.Kesalahan Karena Ikut Ikutan Trend

Beberapa pemilik bisnis, ikut ikutan menerapkan internet marketing hanya karena kompetitornya memiliki website dan menggunakan social media saja. Tapi tidak serius menerapkan strategi internet marketing, sebagai upaya membentuk brand digital bisnisnya.

Parahnya website dibuat merujuk pada selera pemiliknya, bukan selera dan karakter pelanggannya. Akibatnya website bisnis hanya berfungsi sebagai katalog online, dan tidak memberikan nilai tambah, pengetahuan dan mendorong minat pengunjung untuk kembali lagi dan lagi.

4.Tidak Ada Evaluasi

Strategi pemasaran online harus selalu dievaluasi, untuk menentukan arah dan rencana selanjutnya, atau untuk mengoptimasi saluran promosi paling diminati.

Hampir semua kegiatan internet marketing memiliki alat ukur jelas, mulai dari jumlah pengunjung, akuisisi konten hingga konversi pelanggan. Sehingga memudahkan pemilik bisnis menentukan arah selanjutnya.

Anda juga bisa ikut dalam Bimbingan Jualan Online Pekanbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar