Rabu, 16 November 2016

Mengenal Internet Marketing





MENGENAL INTERNET MARKETING


          Dalam bahasa inggris internet marketing memiliki arti pemasaran internet, atau lebih tepatnya adalah suatu metode pemasaran produk yang dilakukan melalui media internet.
Pada umumnya internet marketing ini bisa dilakukan sendiri ( jika produk yang dipasarkannya hanya dalam skala kecil )  dan ada juga perusahaan besar yang sengaja membentuk tim internet marketing sendiri untuk memasarkan produk mereka secara online ini. Artinya seseorang melakukan promosi barang / jasa secara online via internet. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemasaran adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan. Bentuk dari barang dagangan ini bisa berupa produk yang nyata atau jasa (tidak terlihat).

          Internet marketer ini lah yang menjalankan kegiatan internet marketing untuk memasarkan produk barang atau jasa apa saja yang ingin mereka pasarkan, tujuannya sama saja seperti pemasaran pada umumnya yaitu untuk memasarkan produk bisnis mereka hingga sampai ketangan konsumen.
Namun hanya cara dan media nya saja yang berbeda, internet marketer lebih menguasai pemasaran produk melalui internet sedangkan untuk melakukan pemasaran produk melaui offline tetap dilakukan seperti biasanya. Berkembangnya bisnis internet marketing, tentu tidak terlepas dari sejarah perkembangan internet baik di dunia maupun di Indonesia. Kita tahu, perkembangan sejarah singkat internet di Indonesia muncul sekitar awal tahun 1990-an. Mulai menjadi populer sekitar tahun 1998-an. Sekarang menjadi lebih populer lagi setelah semakin berkembangnya dunia gadget dan tawaran akses internet dari para provider dengan harga yang relatif murah. Belum lagi ada banyak aplikasi jejaring sosial yang meramaikan dunia internet seperti facebook, twitter, path, google+, dan lain sebagainya.

Keuntungan Internet Marketing

1.Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
2.Produk yang ditawarkan bisa bermacam-macam walaupun tidak mempunyai produk sendiri.
3.Bebas dari berbagai kondisi seperti macet, hujan, transportasi dan sebagainya.
4.Waktu yang diperlukan tidak terbatas.
5.Jangkauan pemasaran bisa mencapai seluruh dunia.
6.Tidak memerlukan karyawan,gudang,produk,kendaraan operasional dan sebagainya.

7.Dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa diraih.

Jenis Internet Marketing

1.PPC atau singkatan dari Pay Per Click. Dibayar ketika ada yang pengunjung mengklik iklan yang ditempelkan pada suatu blog atau website. Contoh jenis ini dari luar negeri seperti Google Adsense, Chitika, Infolinks, Adstract, TLVMedia, Innity, Clicksor, Bidvertiser dan yang sejenisnya.  Sedangkan di Indonesia seperti Kumpul Blogger, Sitti, ID Blog Network, AdsenseCamp, KlikSaya, dan lainya. Cara menghasilkan uang dari PPC ini harus mampunyai blog atau website yang berisi artikel-artikel original. Kemudian kita menjadi publisher dengan mendaftarkan ke website broker penyedia iklan tersebut. Setiap broker akan memiliki persyaratan tersendiri bagi para publisher yang ikut bergabung misalnya minimal pengunjung blog, konten artikelnya, domain, dan lain sebagainya.

2.PPS (Pay Per sale) atau Affiliate. Jenis ini bisa dikatakan sebagai calo. Mengapa? Karena kita akan dibayar berapa persen jika ada produk yang terjual. Di luar negeri yang terkenal misalnya Amazon dan Click Bank. Di Indonesia misalnya Lazada. Sama halnya dengan PPC, publisher yang mengikuti program PPS bisa juga dengan memanfaatkan blog / website.

3.PTR atau Paid to Review. Dibayar ketika anda memberikan ulasan kepada sebuah produk yang ditentukan oleh broker. Website jenis ini misalnya sponsoredreviews dan blogvertise. Di Indonesia ada juga Adsencamp.

4.Pay Per Impresi. Dibayar berdasarkan jumlah impresi website dari para pengunjung. Website yang menawarkan jenis ini misalnya tribalfusion.com, casalemedia.com, smowtion.com, adreactor.com, matomymedia.com, xtendmedia.com.

5.Menjual produk sendiri atau produk orang lain misalnya sepatu, sandal, tas, buku, rumah, motor, mobil, ebook, software, dll. Dalam metode ini juga dikenal dengan istilah dropshiper dan reseller (menjual ulang). Keuntungan menjadi dropshipper misalnya barang tidak harus ada karena sudah ada penyedia dan mengurusinya. Sehingga kita tidak memerlukan modal besar dan hanya tinggal mempromosikan produk yang akan dijual di internet misal melalui toko online. Sedangkan Reseller atau menjual ulang memungkinkan harus mengeluarkan modal untuk pembelian jenis barang dengan harga yang lumayan murah. Lalu menjualnya dengan harga yang sudah ditentukan oleh penjual.

6.Menjual jasa seperti jasa pembuatan website, blog, toko online, konten writer, jasa seo, dan lain sebagainya.

Mengenal Referal

Referal atau lebih mudah Referensi adalah suatu cara memberikan link atau referensi agar orang lain menjadi member atau anggota dari salah satu  Website atau Blog. Sebagai contoh, jika kita sudah memiliki email, Website atau blog dan sudah  memiliki account milsalnya Google Adsense atau bisa juga di PPC lokal seperti Bindit.com, Adsensecamp.com, Kumpul blogger.com dan sebagainya. Lalu kita mempromosikan ke teman anda untuk masuk kesalah satu contoh referensi yang disebutkan maka kita akan dapat bonus atau bayaran apabila teman kita menjadi member.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar